10 Kebohongan April Mop Paling Sukses Sepanjang Sejarah

2
35

Palingtahu.com – Tradisi April Mob sudah ada sejak lama dan terus dilestarikan dari tahun ke tahun dengan cara yang berbeda.

April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah (Wikipedia).

Moment April Mop selalu memiliki cerita yang berbeda-beda setiap tahunnya. Bahkan kebohongan di April Mob bisa berskala besar dan berakibat fatal.

April Mop (Foto : Palingtahu.com)

Sepanjang sejarah sejak ada April Mob, sudah begitu banyak “kebohongan” yang sukses menipu banyak orang. Bahkan kebohongan itu dibuat sedemikian rapi dan melibatkan banyak media massa terpopuler di dunia.

Kendati semua itu dilakukan semata-mata untuk memperingati April Mob, berita kebohongan atau hoax yang disampaikan tetap mendapatkan antusias yang luar biasa dari banyak orang.

Berikut kami rangkum 10 kebohongan April Mob paling sukses sepanjang sejarah :

1. Thomas Alfa Edison Ciptakan Mesin Makanan (1 April 1878) 

Iklan tentang mesin makanan Thomas Alda Edison (Foto : Hoaxes.org)

Setelah Thomas Alfa Edison menciptakan fonograf pada tahun 1877, Amerika sangat yakin dia akan terus menciptakan penemuan-penemuan baru.

Bagi mereka, tidak ada batas kejeniusan Thomas Edison. Jadi saat New York Graphic mengumumkan pada hari itu bahwa Edison telah sukses menciptakan sebuah mesin yang bisa mengubah tanah menjadi sereal dan air langsung menjadi anggur.

Baca juga : Bosozoku Girl, Geng Motor Wanita Paling Berbahaya di Jepang

Artikel itu juga menjelaskan jika mesin itu nantinya bisa mengakhiri masalah kelaparan di seluruh dunia. Berita itu langsung menjadi viral saat itu. Seluruh koran di Amerika Serikat menyalin artikel itu dan membuat tulisan yang memuji kejeniusan Edison.

Setelah berita itu tersebar dan jadi viral, pada kenyataanya Edison tidak pernah menciptakan mesin itu.

2. Dunia Segera Kiamat (31 Maret 1940) 

William Castelli (Foto : hoaxes.org)

Franklin Institute Philadelphia mengeluarkan sebuah siaran pers yang menyatakan bahwa dunia akan berakhir hari berikutnya, tepat 1 April 1940.

Press Release ini kemudian disiarkan oleh stasiun radio KYW. Sang penyiar mengatakan, “ketakutan terburuk Anda bahwa dunia akan berakhir dikonfirmasi oleh para astronom dari Franklin Institute. Para ilmuwan memprediksi bahwa dunia akan berakhir pada pukul 03:00 besok. ini bukan lelucon April Mop,”.

Masyarakat bereaksi mendengar siaran radio itu. Pemerintah setempat dibanjiri panggilan telepon masyarakat yang panik.

Kepanikan mulai mereda setelah Franklin Institute berulang kali meyakinkan semua orang bahwa mereka tidak membuat prediksi seperti itu. Setelah diselidiki, ternyata itu adalah siaran pers hoax.

Orang yang paling bertanggungjawab atas hal siaran pers itu adalah William Castellini, seorang agen pers di Franklin Institute.

Menurut Castellini, dia berniat menggunakan rilis palsu itu untuk mempublikasikan sebuah tajuk kuliah berjudul “Bagaimana Dunia Akan Berakhir?”.

Castellini hanya ingin merayakan April Mop. Karena ulah keisengannya itu, Castellini diberhentikan dari Franklin Institute.

3. “Gajah Putih Salju” di Kebun Binatang Frankfurt (1 April 1949) 

Gajah putih salju di kebun binatang Frankfurt (Foto : The Museum of Hoaxes)

Pada 1 April 1949 ribuan orang mengantri untuk masuk di Kebun Binatang Frankfurt. Mereka sangat penasaran ingin melihat langsung “gajah putih salju”.

Sebuah iklan di surat kabar mengatakan bahwa hewan legendaris itu dibawa jauh dari Myanmar lengkap dengan sang pawang yang mengenakan baju tradisional. Gajah putih salju itu hanya akan ada di Frankfurt sehari saja sebelum berangkat ke Kopenhagen.

Ribuan tiket masuk ke kebun binatang terjual habis. Masyarakat penasaran ingin melihat bagaimana rupa gajah putih yang tak lazim itu.

Semua orang tampak puas dan takjub dengan gajah salju itu. Sehari setelah itu, mereka baru mengetahui jika gajah putih salju itu ternyata palsu. Pihak kebun binatang sengaja mengecat gajah itu dengan cat putih.

Kendati demikian, orang-orang Frankfurt mau memaafkan penipuan massal itu karena ternyata orang dibalik semua kejadian itu adalah Berhard Grzimek.

Di Frankfurt, Berhard dikenal sebagai pahlawan pasca perang Dunia II karena dia berjuang keras untuk menyelamatkan hewan-hewan di kebun binatang itu.

Berhard dikenal bersedia melakukan apa saja (termasuk menjanjikan gajah putih salju yang tidak ada) untuk memikat masyarakat kembali berkunjung dan berwisata di kebun binatang.

4. Penemuan TV Berwarna (1 April 1962) 

Kjell Stenson dengan tv silicon (Foto : Discogs)

Pada tahun 1962 stasiun televisi Swedia SVT (Sveriges Television) menyiarkan berita tentang penemuan sebuah teknologi baru oleh ahli teknis mereka bernama Kjell Stenson.

Dia mengumumkan jika penemuannya itu bisa membuat TV di rumah bisa menerima siaran berwarna. Maklum saat itu hanya ada satu stasiun TV dengan warna hitam putih. Stenson menyarankan kepada ribuan penonton di rumah untuk memasang stocking nilon pada TV mereka tepat pada tanggal 1 April 1962.

Ribuan penonton tertipu dengan lelucon dan ide Stenson itu. Namun pada akhirnya masyarakat Swedia benar-benar bisa menikmati siaran TV berwarna pada 1 April 1970 setelah teknologi televisi berkembang pesat.

5. Mengubah Sistem Waktu ke Metrik Waktu (1 April 1975) 

Metric time (Foto : Youtube.com)

Pada tanggal 1 April 1975 sebuah program berita Australia’s This Day Tonight (TDT) memberitakan bahwa Australia akan mengkonversi satuan waktu ke metrik waktu. Dengan sistem baru ini, 1 menit setara 100 detik, 1 jam setara 100 menit dan 1 hari setara 20 jam.

Sistem ini juga mengubah detik menjadi millidays, menit menjadi centidays dan jam menjadi decidays. Perubahan itu berdasarkan wawancara mereka dengan Wakil Perdana Menteri bernama Des Corcoran.

Setelah berita itu. TDT menerima ratusan panggilan telepon dari pemirsa merek ayang merasa tertipu. Salah seorang penelepon bahkan frustasi dan menanyakan bagaimana dia mengubah jam digital yang baru dibeli ke sistem metrik waktu?

6. Transfer Maradona ke Spartak Moscow (1 April 1988)

Diego Maradona (Foto : Forza27)

Tepat pada 1 April 1988 sebuah surat kabar Uni Soviet (sekarang Rusia) bernama Izvestia menulis berita tentang rencana kepindahan mega bintang sepakbola dunia, Diego Maradona ke Spartak Moscow.

Berita itu menyebut sang pemain tengah bernegosiasi dan klub siap membayar 6 juta dollar Amerika sebagai biaya transfernya dari Napoli. The Associated Press (AP) dengan cepat mengambil berita mengejutkan itu dan mendistribusikan kepada pelanggannya di seluruh dunia.

Namun mereka segera menyadari jika berita itu hoax dan segera menerbitkan pencabutan berita yang telah beredar. AP menyalin berita itu tanpa melihat jika itu adalah tanggal 1 April.

Sebelumnya AP percaya bahwa berita di Izvestia adalah benar karena selama ini koran-koran Uni Soviet tidak pernah mempublikasikan berita hoax saat April Mop.

7. UFO Mendarat Di London (31 Maret 1989) 

UFO di kota London (Foto : zowienews!)

Ini adalah salah satu kejadian April Mop paling lucu. Kejadian bermula pada tanggal 31 Maret 1989 saat masyarakat kota London dibuat terkejut dengan kemunculan sebuah benda mirip “piring terbang” yang terbang di atas kota itu.

Ribuan orang ke luar rumah dan terjadi kemacetan karena semua orang sibuk memandang ke langit untuk melihat fenomena itu. Benda aneh yang diduga UFO itu akhirnya mendarat di sebuah lapangan di pinggiran London.

Pihak kepolisian kemudian mendapatkan banyak laporan tentang “UFO” itu. Polisi yang datang pertama kali ke lokasi kejadian sempat terkejut dan lari saat melihat makhluk pendek berwarna perak keluar dari pesawat itu.

Ternyata itu adalah sebuah balon udara yang dibuat mirip pesawat alien. balon udara itu dibuat oleh Richard Branson. Sebenarnya Richard bermaksud memberikan kejutan April Mop pada keesokan harinya. Dia ingin mendaratkan balon udara itu di London Hyde Park tepat 1 April.

Namun rencananya gagal setelah balon yang dia bawa tertiup angin. Dia terpaksa mendarat di lokasi dan tanggal yang tidak tepat.

8. Pendaratan Pesawat Ulang Alik Discovery di San Diego (1 April 1993) 

Pesawat ulang alik AMerika Serikat (Foto : NBC San Diego)

Dave Rickards, seorang DJ di KGB-Fm di San Diego mengumumkan bahwa sebuah pesawat ulang alik Discovery akan mendarat di Montgomery Field. Pesawat itu terpaksa mendarat di bandara kecil di pinggiran kota San Diego setelah dialihkan dari Edwards Air Force Base.

Mendengar kabar itu, semua penduduk berbondong-bondong ke Montgomery. Para jurnalis juga sudah bersiap di sana dengan kamera mereka. Polisi kesulitan mengatur lalu lintas karena banyaknya masyarakat yang ke bandara untuk melihat langsung pesawat ruag angkasa itu.

Namun semua itu ternyata adalah hoax untuk memeriahkan April Mop. Ribuan orang tertipu dengan berita itu. Sebenarnya mereka bisa tahu itu adalah hoax karena bandara Montgomery Field sangat kecil untuk pesawat ukuran besar, apalagi pesawat ruang angkasa.

9. Penguin Terbang (1 April 2008) 
Pada 1 April 2008 stasiun televisi BBC menyiarkan sebuah tayangan yang tak biasa. BBC mengumumkan bahwa kru kamer amereka yang berada di Antartika berhasil menangkap rekaman penguin terbang.

Hasil rekaman itu akan diputar dalam program Miracles of Evolution milik BBC. Video rekaman itu mendadak viral dan ditonton jutaan rang di seluruh dunia.

Ternyata video itu adalah hasil editan. BBC kemudian menjelaskan bagaimana mereka menciptakan efek khusus untuk penguin terbang.



10. Gmail Motion, Mengirim Email Dengan Gerakan Badan (1 April 2011) 
Google punya cara tersendiri merayakan April Mop. Tepat pada 1 April 2011, Google mengumumkan jika mereka telah merilis Gmail Motion.

Ini adalah teknologi terbaru Google yang memungkinkan orang menulis dan mengirim email menggunakan gerakan tangan.

Kendati hoax, video promosi Gmail Motion itu sukses mencuri perhatian dunia. Bahkan banyak orang percaya teknologi ini akan segera ada.


Sumber : Hoaxes.org

Berikan Komentar Anda!

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here