Apa itu Page-Level Enforcements dan Cara Mengatasinya?

6
152

Apa itu Page-Level Enforcements dan Cara Mengatasinya? Palingtahu.com – Apakah Anda mendapatkan email dari Google Adsense dengan judul – Laporan Pelanggaran Kebijakan Penerbit AdSense Anda? atau Your AdSense Publisher Policy Violation Report?

Jika ya, maka kamu tepat berada di halaman ini karena kita akan membahas apa itu Page-Level Enforcements dan cara mengatasinya.

Berikut adalah contoh email Page-level enforcement dari Google Adsense

Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense
Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense (Foto : Palingtahu.com)

Apa itu Page-Level Enforcements?

Google Adsense baru saja merilis dua fitur terbaru mereka yakni Page-Level Enforcements dan Policy Center.

Fitur Page-Level Enforcements akan membantu Google untuk menganalisa halaman atau postingan website yang bermasalah dan melanggar kebijakan Google Adsense. Teknologi ini memungkinakn Google menghapus iklan dari halaman yang melanggar kebijakan itu.

Halaman yang melanggar kebijakan Google bisa berupa isi konten maupun komentar pengguna. Teknologi Page-Level Enforcements membantu Google menghapus iklan pada level halaman atau postingan dan bukan keseluruhan pada situs publisher.

Fitur Page-Level Enforcements ini mirip dengan fitur sebelumnya “Site level violations”.

Dengan adanya Page-Level Enforcements, pelanggaran kecil di setiap halaman akan dilaporkan secara terpisah. Google akan secara otomatis memblokir iklan di halaman yang melanggar kebijakan itu.

Ini berbeda dengan kebijakan lama dimana jika ditemukan masalah pada sebuah situs, maka iklan tidak bisa tampil pada situs tersebut.

Cara Melihat Pelanggaran Page-Level Enforcement

Pelanggaran kecil terhadap kebijakan Google Adsense di halaman disebut pelanggaran tingkat halaman. Kamu bisa melihatnya langsung di Settings> My Sites> Pusat kebijakan di akun AdSense Anda.

Jika Anda memiliki pelanggaran kebijakan pada tingkat halaman, Google akan berhenti menayangkan iklan hanya ke laman tertentu dan bukan keseluruhan situs. Kamu diberikan pilihan untuk mengajukan banding melalui pusat kebijakan atau Policy Center.

Bagaimana cara melihat pelanggaran pada halaman website page level enforcement?

 

  • Masuk ke akun AdSense Anda.
  • Klik “Settings” di panel navigasi sebelah kiri
  • Klik “My sites”.
  • Di bawah “My sites”, klik “Policy center”.
  • Periksa apakah situs Anda terdaftar di sana. Klik nama situs Anda di pusat kebijakan.
Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense
Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense (Foto : Palingtahu.com)

Klik Show Details untuk melihat jenis pelanggaran. Kemudian klik Violations dan baca alasan mengapa halaman kamu melanggar kebijakan Google. Jika ingin mengajukan banding, klik Request Review.

Untuk pelanggaran kecil, iklan akan dilarang tampil dan kamu bisa mengajukan banding langsung via Request Review setelah memperbaiki halaman itu agar sesuai pedoman komunitas Google Adsense.

Kamu hanya akan diberikan 100 kali kesempatan per bulannya untuk melakukan request review terkait halaman yang bermasalah.

Namun untuk pelanggaran jenis Copyrighted material atau DMCA (lihat gambar dibawah), iklan akan dinonaktifkan. Kamu harus melakukan banding melalui DMCA counter notification form. Silakan kunjungi DMCA counter notification form di sini.

Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense
Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense (Foto : Palingtahu.com)

Google akan memproses setiap pengajuan banding dalam seminggu. Jika banding kamu diterima, iklan akan kembali aktif pada halaman yang sebelumnya terkena teguran page-level enforcement.

Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense

Seperti diulas di awal postingan, artikel ini juga akan membahas bagaimana Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense.

Jika kamu terkena teguran DMCA, silakan buka laman Lumendatabase.org. Kemudian masukkan alamat website kamu di kotak pencarian. Lihat gambar berikut :

Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense
Cara mengatasi Page Level Enforcement Google Adsense (Foto : Palingtahu.com)

Klik DMCA (Copyright) Complaint to Google untuk baca penjelasan jenis pelanggaran. Misalnya pelanggaran karena memakai foto atau video mereka, kamu tinggal hapus foto dan video dari halaman yang mendapatkan pelanggaran.

Cek juga komentar pada halaman itu. Bisa jadi ada komentar yang melanggar pedoman Komunitas Google.

Lakukan cara ini sebagai pencegahan sebelum mendapatkan email teguran page-level enforcement pada laman lain.

Dampak pelanggaran Page-Level Enforcements

Pelanggaran ini berdampak pada halaman yang bermasalah. Iklan secara otomatis akan dinonaktifkan Google. Ada dua jenis dampak pelanggaran, yakni Restricted ad serving dan Ad serving disabled.

Restricted ad serving

Iklan akan tetap tampil pada halaman lain yang tidak bermasalah di situs yang sama. Untuk jenis pelanggaran ringan, iklan akan tetap tampil namun khusus untuk iklan dengan nilai klik yang kecil.

Terkadang iklan juga tidak tampil pada laman yang bermasalah ini. Namun setelah memperbaiki masalah yang ada, kamu bisa langsung melakukan permintaan review.

Ad serving disabled

Iklan otomatis diblokir pada halaman yang bermasalah. Kamu harus mengajukan peninjauan. Untuk melakukan peninjauan DMCA, klik di sini.

Jika pelanggaran berulang terus terjadi dan dalam jumlah banyak, Google akan menerapkan sanksi yang lebih tegas. Untuk itu disarankan untuk memeriksa kembali website dan postingan kamu apakah sudah sesuai dengan kebijakan Adsense.

Kesimpulan dan Saran

Kehadiran fitur Page Level Enforcement pada Google Adsense memberikan kemudahan bagi Google untuk bisa memantau situs publisher yang bermasalah pada level halaman dan diberikan petunjuk untuk mengatasi masalah itu.

Fitur ini juga membantu sehingga iklan pada situs tidak diblokir semuanya tetapi hanya pada laman yang bermasalah. Kendati memberi angin segar bagi publisher, namun harus tetap mengikuti pedoman komunitas Google Adsense.

Kebanyakan situs yang terindikasi melanggar kebijakan ini adalah situs-situs review dan sinopsis film, software, game dan situs review lainnya.

Disarankan untuk memakai gambar dan video yang memiliki commons creative sehingga bisa digunakan kembali. Cek kembali halaman dan situs kamu, apakah sudah mematuhi kebijakan Google Adsense.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa SHARE. 

 

Berikan Komentar Anda!

SHARE

6 COMMENTS

    • Kalau misalnya di policy center ada keterangan Ad serving disabled berarti iklan sudah non-aktif di halaman itu. Pelajari dulu jenis pelanggarannya. Kalau misalnya DMCA, cek di lumendatabase.org ketik aja alamat web sob. Trus lihat jenis pelanggaran yang sesuai, baca detail penyebabnya. Kadang itu karena klaim foto, video atau konten. Kalau misalnya foto atau video, tinggal hapus saja dan ajukan banding gan.

      • saya pernah nerima pesan seperti itu juga. pas artikelnya dibuka ternyata beberapa slot iklan masih ada aja yang muncul (bagian sidebar).
        Trus saya hapus outbound link (referral link) yang saya duga adalah penyebabnya, lalu saya ajukan kembali peninjauan. ekh ditolak juga.
        lalu saya hidden aja pake CSS display:none tuh slot iklannya, akhirnya tidak ada lagi pemberitahuan terkait peringatan tersebut.

        sekadar berbagi pengalaman aja 🙂

  1. mas linknya ini gag bisa dibuka,,boleh minta linknya,soalnya postingan sudah saya hapus tapi di violation police tidak ada menu request reviewnya,,,,,,mau banding lewat sini juga.semoga violationnya bisa ilang…
    “DMCA counter notification form. Silakan kunjungi DMCA counter notification form di sini.”

    • Linknya itu ada di notif pelanggaran. Jadi buka keterangan trus ada tulisan Request Review. kalau iklan disable, klik saja yang ada tulisan DMCA gan. Nanti ada form untuk pengajuan banding. Makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here