5 Alasan Kamu Tidak Perlu Mandi Setiap Hari

0
260 views
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Mandi Setiap Hari
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Mandi Setiap Hari (Foto: (www.pexels.com)

5 Alasan Kamu Tidak Perlu Mandi Setiap Hari – Palingtahu.com, Mandi bertujuan untuk membersihkan tubuh dan agar terasa lebih fresh. Apalagi setelah beraktifitas seharian penuh dan berkeringat.

Tapi mandi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menunjukan bahwa mandi tidak harus dilakukan setiap hari bila tidak terlalu berkeringat. Cukup bersihkan bagian tubuh yang perlu saja.

Lantas mengapa tidak perlu mandi setiap hari?

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa mandi terlalu sering itu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja alasannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Kamu tidak sekotor yang kamu pikirkan

 

Dilansir dari Rd.com, menurut Monika G. Kiripolsky, MD di Men’s Health jika tidak terlalu berkeringat bisa tidak mandi 2 sampai 3 hari. Mandi setiap hari disarankan hanya bila sering berkeringat, berada dibawah sinar matahari atau cuaca yang sangat panas.

Kulit menjadi kering, merah dan gatal

Apalagi kalau terlalu lama mandi menggunakan air panas, biasanya badan akan mudah gatal dan bila digaruk terlalu sering akan membuat kulit luka.

Selain itu, dilansir dari Healthyandnaturalworld.com, menurut Dr. Richard Gallo, Chief dermatology division di Universitas California, San Diego menjelaskan bahwa sering mandi bisa membuat kulit kering dengan menghilangkan bakteri baik dari kukit dan merusak kulit microflors.

 

Menghilangkan bakteri baik di tubuh

Jangan mandi terlalu sering jika kamu tidak ingin kehilangan bakteri baik dikulitmu. Bakteri ini memiliki fungsi immune atau sebagai pelindung tubuh. Mandi terlalu sering bisa membuat kulit rentan dan mudah terkena infeksi.

Alasannya agar mikroba yang hidup dalam tubuh tidak menjadi rusak dan kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan baik, demikian pernyataan dari Generic Science Centre dari Universitas Utah yang dilansir dari Theguardian.com.

Rambutmu menjadi rusak

Selain merusak kulit, mandi dan mencuci rambut terlalu sering juga bisa membuat rambut menjadi rusak. Mencuci rambut setiap hari hanya disarakan untuk orang yang berkeringat terlalu sering, atau orang yang tinggal di tempat yang lembab. Mengutip dari Women’s Health Michael Forrey, creative director of Sasson Salon di New York City “untuk tekstur rambut yang tebal, semakin bersih, semakin sulit untuk diatur.”

Baca Juga: Tips Meluruskan Rambut Dengan 3 Bahan Alami

Menghemat penggunaan air 

Tidak terlalu sering mandi secara tidak langsung kamu ikut menjaga lingkungan karena tidak menggunakan air terlalu banyak. Mungkin terdengar terlalu berlebihan, tapi tahukah kamu? Kalau penggunaan air terbanyak rdirumah salah satunya untuk mandi, selain mencuci pakaian dan toilet.

Kamu juga perlu tahu, setiap menit kamu mandi menggunakan shower bisa menghabiskan puluhan liter air.

Seperti dikutip dari Theguardian.com, “Power Shower bisa menggunakan hingga 20 liter air per menit, yang berarti delapan menit rata-rata menggunakan dua kali lebih banyak daripada mandi di bath up” menurut Richard Wright, direktur penelitian dan pengembangan Unilever

Berikan Komentar Anda!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here