6 Kulit Buah dan Sayur ini Banyak Manfaat, Jangan Dibuang!

0
178 views

6 Kulit Buah dan Sayur ini Banyak Manfaat, Jangan Dibuang! – Palingtahu.com, Hampir semua orang membuang bagian kulit buah atau sayur. Hal ini karena bagian kulit dianggap kotor dan sama sekali tidak ada manfaatnya, tidak berguna dan membahayakan kesehatan.

Namun faktanya bahwa kulit buah dan sayur itu memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, penasaran kira-kira kulit buah dan sayur apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

6Kulit buah semangka sebagai meningkatkan sirkulasi darah

Foto: www,pexels.com

Kulit semangka dikenal memiliki mengandung vitamin C dan B6 yang berkontribusi pada kulit kekebalan dan penguatan sistem saraf.

Dilansir daru Rd.com, sebuah penelitian tahun 2008, yang dilakukan oleh para peneliti dari  Texas A & M University menemukan bahwa kulit buah semangka memiliki senyawa konsentrasi citrulline yang tinggi, yang diubah oleh tubuh menjadi asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mengendurkan pembuluh darah.

5Kulit pisang dapat mengobati luka

Foto: www,pexels.com

Banyak orang yang sering membuang kulit pisang, namun di India, kulit pisang bisa diolah menjadi makanan sehat.

Masih dilansir dari sumber yang sama, artikel yang terbit pada tahun 2011 di Applied Biochemistry and Biotechnology menemukan bahwa pisang mengandung banyak antioksidan yang sehat seperti karotin dan polyphenols (mengatasi diabetes, penyakit jantung dan kanker).

Manfaat kulit pisang lainnya yaitu untuk menyembuhkan luka, gosok sisi pulpa pada luka yang memar atau goresan untuk memberikan potasium. Selain itu, kulit pisang juga diklaim bisa menyuburkan tanaman, caranya yaitu dengan merendam kulit pisang di air yang digunakan untuk menyiram tanaman.

4Kulit kentang untuk melawan tanda penuaan

Foto: www,pexels.com

Kamu bisa memanjakan kulitmu dengan perawatan kulit kentang atau potongan kentang.

Terutama bagi kamu yang memiliki lingkaran hitam dibawah mata. Kentang bersifat mencerahkan wajah karena ada kandungan catecholase, enzim yang berfungsi sebagai pencerah wajah.

Untuk menghilangkan lingkar hitam di wajah cukup dengan memotong kentang menjadi dua bagian yang tipis dan letakan diatas mata selama kurang lebih 10 menit. Pastinya untuk hasil yang maksimal, perawatan ini harus dilakukan 2 kali dalam seminggu.

 

3Kulit bawang sebagai anti-inflamasi

Foto: www,pexels.com

Setelah mengetahui manfaat kulit bawang mungkin kamu tidak lagi membuat kulitnya.

Ternyata kulit bawang kaya akan nutrisi yang bisa mencegah terjadinya penyumbatan arteri, menurunkan gula darah dan peradangan. Meski kulit bawang tidak dapat di konsumsi, tapi kamu bisa menambahkan kulit bawang kedalam masakan kamu, pastinya akan menambah rasa dan aroma bawang yang lebih kuat.

2Kulit jeruk untuk mengusir semut

Foto: www,pexels.com

Bila kamu kesulitan dalam mengusir semut yang ada di rumah, kamu bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengatasinya. Kulit jeruk mengandung minyak limonene, zat yang efektif dan alami dalam mengusir semut.

Apalagi bagi kamu yang suka berkemah, kulit lemon ini wajib untuk kamu bawah agar semut, lalat dan nyamuk menjauh dari kamu.

1Kulit jeruk bali sebagai penurun kolesterol

Foto: www,pexels.com

Jeruk bali memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi hanya sedikit orang yang tahu kalau kulit jeruk bali berkhasiat menurunkan kolesterol. Karena kulit jeruk bali terdapat kandungan pektin, yakni serat yang bekerja menurunkan kolesterol.

Ada beberapa cara yang mudah untuk mengolah kulit jeruk ini, bisa dengan memarut kulit
jeruk dan mencampurkannya ke teh. Selain itu, kamu juga bisa membuat manisan dari buah jeruk bali dengan merebusnya bersama gula dan air.

Berikan Komentar Anda!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here