Ini Yang Terjadi Saat Tubuh Kurang Terkena Sinar Matahari

0
367 views
Ini Yang Terjadi Saat Tubuh Kurang Terkena Sinar Matahari
Foto : www.pixabay.com

Ini Yang Terjadi Saat Tubuh Kurang Terkena Sinar Matahari – Palingtahu.com, Berjemur dibawah matahari atau terpapar sinar matahari setiap hari juga tidak baik untuk kesehatan. Kalau kamu bekerja dibawah sinar matahari maka kamu perlu menggunakan sunblock agar kulit kamu tetap terjaga dan terhindar dari masalah kulit seperti keriput (wrinkle) dan kanker kulit.

Tapi itu bukan menjadi alasan untuk menghindar atau sama sekali tidak mau kulit terpapar sinar matahari. Karena tubuh juga membutuhkan vitamin D yang salah satunya bisa didapatkan dari sinar matahari, selain dari jenis makanan tertentu.

Lantas, bagaimana dampaknya jika tidak sering terkena sinar matahari yang cukup? Ada beberapa dampak yang timbul, simak penjelasannya berikut ini:

5Akan lebih mudah terkena depresi

Dikutip dari Rd.com, American Journal of Geriatric Psychiatry menemukan bahwa orang dengan vitamin D yang rendah 10 kali lebih berpeluang mengalami depresi dibandingkan orang yang mendapatkan vitamin D yang cukup.

4Berat badan bertambah

Selain vitamin D, sinar matahari juga bermanfaat memberikan nutrisi nitric oxide, yang membantu memperlancar proses metabolise dalam tubuh. Masih dilansir dari Rd.com, sebuah studi yang di terbitkan dalam sebuah jurnal Diabetes menemukan bawah paparan sinar matahari juga bisa memperlambat penambahan berat bahda dan menangkal diabetes.

Baca Juga:

9 Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit dan Kesehatan
6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit

3Lebih beresiko terkena kanker dan jantung

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa terpapar sinar matahari terlalu sering juga beresiko terkena kanker. Tapi membatasi tubuh terkena sinar matahari juga beresiko terkena kanker prostat dan payudara, serta penyakit kardiovaskular berdasarkan dari beberapa peneliti.

Selain itu, Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa manusia yang kurang vitamin D disebabkan karena kurangnya sinar matahari dan hal ini dua kali lebih mudah beresiko terkena penyakit jantung.

Untuk itu, beberapa dokter menyarakan untuk meluangkan waktu 15 menit setiap hari dibawah sinar matahari tanpa mengunakan sunblock atau sunscreen. Hal ini bergunan untuk memberikan kesempatan pada tubuh untuk menghasilkan vitamin D setiap harinya.

2Gangguan tidur

Terlalu sering berada dalam ruangan dan menatap layar komputer juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi bila tidak pernah terkena sinar matahari, hal ini bisa saja menimbulkan masalah kesehatan seperti susah tidur.

Baca Juga:

5 Manfaat Pisang yang Jarang Diketahui
Menyegarkan Kulit Wajah Dengan Masker Buah Apel

1Bisa terkena skizofrenia

Kekurangan vitamin D dalam tubuh juga bisa meningkatkan resiko terkena skizofrenia, yakni gangguan berpikir.

Dilansir dari Greatplainslaboratory.com, kaitan antara berkurangnya vitamin D dan perkembangan skizofrenia sudah dilakukan penelitian pada pasien dengan semua umur di seluruh dunia. Berdasarkan 19 penelitian yang dipublikasikan antara 1988 dan 2013 ditemukan kaitan yang erat kurangnya vitamin D dengan skizofrenia. Dari 2.804 partisipan dari penelitian ini, lebih dari 65% menderita sckizofreni karena kurang vitamin D (Valipour, Saneei, & Esmaillzadeh, 2014).

Berikan Komentar Anda!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here